MTsN 7 Nganjuk Membangun Karakter Disiplin Siswa Dengan Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah

Nganjuk, MTsN 7 – 09/11 “Man Syabba ‘Ala Syai’in, Syaaba ‘Alaihi”, barang siapa yang membiasakan sesuatu (di waktu mudanya), maka ia akan terbiasa melakukannya (di masa tuanya). Kalimat pepatah Arab ini mungkin adalah motivasi yang paling tepat dalam melaksanakan kegiatan rutinitas pagi yaitu jamaah sholat dhuha dan pengajian Kitab di MTs Negeri 7 Nganjuk.

Diawali di tahun 2018 MTs Negeri 7 Nganjuk mengadakan kegiatan jamaah sholat dhuha dan pengajian Kitab. Kegiatan yang di ikuti seluruh civitas MTs n 7 Nganjuk ini dilaksanakan di lapangan Madrasah. Seluruh Siswa-siswi, dewan Guru serta Pegawai turut serta dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan dimulai pukul 06.40 sampai pukul 07.15, diawali dengan sholat dhuha dan dilanjutkan dengan pengajian kitab. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari mulai hari selasa sampai hari sabtu. Khusus hari senin dilaksanakan kegiatan upacara Bendera.

Menurut Bapak Mochammad Abdul Rasyid, M.Pd Selaku Kepala MTs Negeri 7 Nganjuk  Shalat dhuha merupakan salah satu shalat sunah yang dianjurkan untuk dikerjakan. Shalat dhuha dikerjakan sebelum masuk pembelajaran di jam yang pertama. Dengan membiasakan mengerjakan sholat dhuha secara terprogram diharapkan bisa menumbuhkan dan membentuk karakter disiplin, karena para peserta didik akan membiasakan diri untuk disiplin dan patuh pada peraturan yang berlaku, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah, terangnya.

Shalat dhuha sebagai pembentukan karakter peserta didik ialah pelaksanaannya yang dilakukan sesuai jadwal, dan tepat waktu, dilakukan secara terus menerus secara konsisten. Waktu pelaksanaannya yang terprogram dan terjadwal inilah yang akan membentuk karakter disiplin peserta didik. Karena peserta didik akan terbiasa mengikuti pembiasaan shalat dhuha sesuai jadwal yang telah ditentukan, imbuhnya.

Lebih jauh beliau menambahkan Pembiasaan shalat dhuha dilakukan agar peserta didik terbiasa melakukanya. Kemudian akan ketagihan dan menjadi tradisi yang sulit untuk ditinggalkan dalam hidupnya sehingga peserta didik memiliki karakter yang disiplin dari pembiasaan shalat dhuha yang dilakukan di Madrasah.

Karakter disiplin mempunyai nilai yang sangat penting untuk membentuk pribadi peserta didik yang taat aturan tata tertib sekolah. Jika seluruh warga sekolah menerapkan disiplin dengan baik, hal ini akan menjadi wujud suatu kehidupan yang disiplin yang baik di sekolah yang berimbas di kehidupan masyarakat pada umumnya.

Dengan diadakannya pembiasaan seperti ini, diharapkan akan terbentuk nilai-nilai karakter dari peserta didik yang disiplin. Yaitu disiplin terhadap waktu dan peraturan serta disiplin terhadap suatu kegiatan yang berlaku sebagai tuntunan kedisiplinan pada umumnya, terangnya.

Selain sholat dhuha juga di adakan pengajian kitab yang dilaksanakan setelah sholat dhuha, hal ini bertujuan untuk menambah khazanah keilmuan guru, pegawai dan siswa siswi MTs Negeri 7 Nganjuk. (Syaf)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top